Brothers (2009)

Perang selalu membawa korban. Dari yang berperang dan keluarga yang ditinggalkan. Brothers memotret situasi ini tidak secara hitam putih. Tidak ada yang bersalah di sini. Semuanya korban dari keadaan yang sedang terjadi.

Kapten Sam Cahill (Tobey Maguire) adalah Marinir yang akan bertugas ke Afganistan untuk kali kedua. Dia juga suami dari Grace (Natalie Portman) dan ayah 2 orang putri, Isabelle (Baille Madison) dan Maggie (Taylor Geare). Ia merupakan figur kapten teladan, suami bertanggung jawab, dan ayah yang hangat.

Hari ini Sam akan menjemput Tommy (Jake Gyllenhaal), adiknya, yang dibebaskan dari penjara setelah menjalani hukuman karena pernah terlibat kasus perampokan.

Tommy selama ini dikenal sebagai anak badung di keluarganya, “si kambing hitam” yang tak pernah sukses. Kembalinya Tommy disambut secara sangsi oleh Grace dan ditanggap sinis oleh Hank Cahill (Sam Shepard), ayah Tommy dan Sam.

Sementara itu, saat di Afganistan, helikopter yang ditumpangi Sam ditembak jatuh dan semua penumpang dinyatakan tewas. Kabar ini membuat keluarga Cahill shock, terutama Grace yang merasa limbung.

Di saat inilah Tommy mengambil tanggung jawab Sam dengan mengurus Grace dan menjadi paman yang baik untuk dua ponakannya. Setelah beberapa bulan, pelan-pelan mereka mulai bisa menerima kepergian Sam.

Namun mereka belum mengetahui ternyata Sam masih hidup dan selama ini disekap di sebuah kamp terpencil di pedalaman Afganistan, serta mengalami berbagai macam bentuk penyiksaan yang membuat mentalnya hancur.

Setelah diselamatkan dan kembali di rumah, Sam menjadi pribadi yang berbeda dari sebelumnya. Ia jadi pembisu, sensitif, dan menjaga jarak dengan siapapun, termasuk kedua putrinya. Hal yang paling parah ia curiga bahwa Tommy dan Grace tidur bersama.

Sikap paranoid Sam ini memicu pertengkaran di antara mereka. Apakah keluarga Cahill mampu menyelesaikan masalah ini dan menyelamatkan keutuhan rumah tangga Grace-Sam?

Jim Sheridan, sang sutradara, meramu Brothers dengan ciamik. plot dan  performa para pemain semuanya top!! Tobey Maguire sangat meyakinkan berperan sebagai ayah-suami yang bertransformasi dari marinir yang hebat menjadi ‘zombie’ yang kurus tanpa ekspresi. Sebaliknya Jake Gyllenhaal juga sangat berhasil berperan sebagai anak badung insaf yang berubah dan mau memikul tanggung jawab. Jika ingin menikmati kehebatan akting Jake, harus nonton Brothers, daripada liat penampilannya yang serba nanggung di Prince of Persia: The Sands of Time (2010).

Akting Natalie Portman seperti biasa juga selalu menawan. Kredit juga disematkan pada Bailee Madison dan Taylor Geare yang bermain natural sebagai anak pasangan Maguire – Portman.

O ya, Sheridan juga pernah mendalangi film-film keren seperti, My Left: The Story of Christy Brown (1989), In The Name of My Father (1993), dan The Boxer (1997). Kebetulan semuanya diperani oleh aktor watak pujaan saya, Daniel Day-Lewis. 😀

Dan bila Anda penggemar U2 (seperti saya), pasti merasa girang dengan disertakan 2 lagu U2 di film ini, Winter dan Bad. Untuk Bad saya memberi catatan khusus. Nampak sekali kalau lagu ini ditampilkan pada adegan yang paling keren di film ini. Dialog dalam adegan ini akan terasa hambar tanpa hadirnya lagu Bad. Kudos for Sheridan..!!

Tanpa ragu, Brothers saya masukkan ke dalam slot Film Favorit 2010. (walaupun secara ironis, flm ini sudah dirilis di negara asalnya sejak Desember 2009, namun baru masuk Indonesia bulan April 2010).

Advertisements

One response to “Brothers (2009)

  1. sah sangat suka film ini..sudah lama ga nonton film drama di bioskop yang bisa membuat saya menangis dan selebihnya menahan air mata di beberapa adegan 😀
    akting para aktor-aktrisnya benar-benar membuat kita bisa terbaa ke dalam konflik, baik antar karaketr maupun masing-masing.
    ceritanyapun dibuat ringkas dan nggak ada bagian yg terkesan dragging. pas. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s