Babi Oh Babi!

Seminggu terakhir ini kita heboh dengan pemberitaan polisi yang merasa tersinggung dengan kover majalah Tempo yang menggambarkan seseorang berseragam mirip (ikut-ikutan tren kata “mirip”) polisi yang sedang memegang tali yang ujungnya dikalungkan pada leher celengan babi warna pink.

Namun saya tidak ingin membahas tentang hal di atas. Seharusnya polisi tidak usah tersinggung. Babi kan lucu dan menggemaskan. Grup art rock legendaris Pink Floyd saja dengan bangga menggunakan babi sebagai sarana promosi dan dijadikan semacam maskot.

Animals, album kesepuluh Pink Floyd yang dirilis Januari 1977, memiliki kover album berupa foto balon gas berbentuk babi ukuran raksasa yang melayang di antara 2 cerobong asap di Pembangkit Tenaga Listrik Battersea (berada di London bagian selatan). Kover album ini didesain oleh pemain bass Pink Floyd, Roger Waters. Dia juga  kerap menjadi konseptor album-album Pink Floyd.

Album ini sendiri merupakan album konsep yang terinspirasi dari novel Animal Farm karya George Orwell. Novel ini menggambarkan babi sebagai golongan penguasa diktator, anjing sebagai aparat penegak hukum, dan domba sebagai rakyat yang lemah. Benar, ini memang novel satir tentang komunisme di Uni Sovyet.

Kembali ke babi Pink Floyd. Sejak dipakai sebagai kover album Animals, babi sering muncul dalam bentuk balon gas yang melayang pada konser-konser mereka, sebagai backdrop panggung,  dan juga kaos merchandise resmi band. Sekedar tambahan, mereka memang dikenal dengan musik art rock yang kompleks dengan durasi lagu yang panjang (sebagian mengatakan njelimet), panggung yang megah, tata cahaya yang keren, dan properti yang ga nanggung-nanggung.

Setelah Pink Floyd bubar tahun 1996, Waters masih menggunakan babi sebagai properti panggungnya. Si babi ini juga ditulisi berbagai semboyan atau slogan propaganda tertentu, seperti  “Impeach George W. Bush” atau di lain waktu “All We Need Is Education”.

Jadi kenapa polisi mesti malu sama babi kalau Pink Floyd saja bisa mengangkat derajat babi ke tempat yang tinggi (secara harfiah)? 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s