Knight and Day (2010)

Sudah cukup lama rasanya tidak menonton Tom Cruise. Terakhir di Valkyrie (2008) yang ga jelek tapi entah kenapa gagal jadi box office. Untuk Cameron Diaz sepertinya sudah lama sekali tak bersua. Saya ga ingat kapan terakhir nonton filmnya di bioskop. Saya rasa ini saat yang tepat untuk kembali bertemu dengan ‘teman-teman’ lama saya di bioskop. Apalagi tema film ini ga muluk-muluk. Action yang dibalut komedi. Persis kalo kita reuni dengan sahabat lama. Cerita yang ringan saja. Tertawa bersama. Tanpa beban. That’s it.

Komandan film ini, James Mangold, resumenya tidak perlu diragukan. Sepertinya Mangold sedang ingin bersenang-senang mengendurkan saraf setelah beberapa film sebelumnya yang cukup serius di 3:10 to Yuma (2007), Walk the Line (2005), Identity (2003) –favorit saya–, dan Girl, Interrupted (1999).

Ceritanya sederhana, June Havens (Cameron Diaz), seorang perempuan usia tigapuluhan yang hendak naik pesawat pulang ke kampung halaman untuk menghadiri pernikahan adik perempuannya. Di bandara ia berpapasan dengan Roy Miller (Tom Cruise), seorang lelaki misterius tampan nan mempesona.

Selanjutnya Roy mengaku sebagai agen rahasia yang sedang dikejar-kejar ‘orang-orang jahat’. Namun di sisi lain, ‘orang-orang jahat’ ini pun mengklaim bahwa Roy adalah agen pembelot yang akan menjual sebuah penemuan rahasia negara dan ini ditambah dengan  pihak kartel obat bius yang ikut memperkeruh suasana yang ingin menguasai penemuan tersebut.

Yang pasti penonton tak harus mengerutkan kening karena film ini ringan adanya. Nikmati saja adegan demi adegan yang mengalir dan ini digenapkan lewat ending-nya yang Hollywood bangeettt… (baca: happy ending).  Ah, ini bukan spoiler kok… justru mempermudah calon penonton yang mencari tontonan ringan dengan pemeran utama kelas satu.

Cameron seperti biasa terlihat cantik, lucu, lugu, dan seksi(!). Masih mirip dengan image-nya selama ini. Hebat sekali, mengingat umurnya yang hampir kepala empat (tahun ini genap 38 tahun), ia masih mampu menjaga pesona dan bentuk badannya. uhuk. Tom juga masih terlihat ganteng dan bugar. Namun ia seperti menjaga image-nya terlalu ketat, sehingga nampak “kurang manusia”. Terlalu steril. Kurang hangat. Seperti ada jarak yang jauh dengan fans-nya. Hal ini berimbas pada kurangnya chemistry antara Cameron – Tom. Saya membayangkan seandainya di film ini Cameron berpasangan dengan Hugh Jackman atau Bradley Cooper, pasti hasilnya lebih grrreeeenggg!! Yah, seandainya saja….

CATATAN KECIL:

Film ini ditonton di Empire XXI Jogja. Sejak terbakar tahun 1998(?) dan dibuka kembali tahun 2009, baru bulan Juli 2010 sowan kembali di bioskop yang aslinya bernama Empire 21.

Advertisements

2 responses to “Knight and Day (2010)

  1. Film ini menyenangkan.. Kalo orang2 bilang “itu kan film mudah”, kadang2 otak perlu dilonggarkan juga bukan.. Sayangnya, dia keluar ketika summer, dimana film2 “besar” berlaga. Jadi rada ketutup deh.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s