Madame X (2010)

Kapan terakhir nonton film superhero Indonesia? Merantau? Oke, Iko Uwais memang berjiwa hero(ik) namun dia ga pake kostum lateks ketat. Merah Putih? Mereka hero tapi bukan super. Jadi perkenalkan superhero Indonesia yang paling mutakhir: Madame X. Jangan salah, Madame X bukan sembarang superhero. Dia waria superhero berkostum ketat yang siap membantu kaum yang lemah dengan semboyannya, “Dengan kekuatan datang bulan, akan menghukummu!”

Kisahnya sendiri simpel, malah cenderung gila-gilaan dengan unsur fun yang meluap-luap. Tinggalkan sejenak logika yang berat, karena di film ini banyak sekali adegan absurd. Adam (Amink) tadinya cuma waria biasa yang siang kerja di salon dan kalo malam minum susu…. eh, kalo malam nyambi kerja jadi penghibur di sebuah diskotek.

Pada malam yang naas, Adam dan teman-temannya, digerebek oleh suatu ormas anti kaum waria yang dikomandani Kanjeng Badai (Marcell Siahaan). Mereka semua dinaikkan ke dalam bak truk. Setelah dipukuli, Adam dibuang dari truk. Ia ditemukan tergeletak di jalan oleh Oom Rudy (Robby Tumewu) dan Tante Yantje (Ria Irawan). Adam akhirnya belajar tari Lenggok di padepokan milik Oom Rudy. Rahasia tari Lenggok sebenarnya adalah sebuah jurus bela diri. Dengan ilmu ini Adam dinobatkan oleh Oom Rudy dan Tante Yantje sebagai seorang superhero, Madame X.

Tentu saja film produksi Kalyana Shira ini bukan komedi biasa. Selalu ada unsur satir dan kritik terhadap kondisi saat ini. Dari masalah berat seperti kemunafikan partai politik, ormas-ormas yang main hukum sendiri, perdagangan manusia, sampai poligami. Untuk yang ringan Madame X menyindir hedonisme dan sinetron yang sedang menjajah televisi lokal lewat adegan muka kaget di-close up lengkap dengan suara efek simbal yang ngecessssss…

Dan seperti biasa juga, Kalyana memasang deretan aktor/aktris handal sebagai pemain Madame X. Tiga orang istri Kanjeng Badai diperankan oleh Shanty, Titi DJ, Sarah Sechan. Trus ada Joko Anwar yang nampak sangat menikmati perannya sebagai seorang waria. Ada juga Fitri Tropika yang uniknya tampil kalem, ga seceriwis biasanya. Vincent Rompies sebagai tuna wicara yang tampil kocak merangkap seorang pakar pencipta berbagai gadgets ajaib untuk Madame X. Sebagai penyegar mata ada Saira Jihan manis bangeetttt… (mudah-mudahan dia nda dirubung semut).

Yang pasti Madame X paling mantap ditonton rame-rame. Biar bisa hahahihi bersama. Karena yang dijual Madame X emang komedi absurd dosis tinggi. Satu lagi, siapkan mental soalnya di sini banyak adegan Amink berkostum ketat, aawwwww…. 😀

Note:

  1. Saya suka dengan desain poster Madame X yang mencampurkan retro dengan pop art yang nampaknya terinspirasi dari gaya Roy Lichtenstein.
  2. Soundtracknya keren-keren. Ada Tika, Mian Tiara, Shanty, dan Marcell. Penata musiknya masih langganan Kalyana, Aghi Narottama, Mondo Gascaro, dan Bemby Gusti.
  3. Para penari tari Lenggok di padepokan Oom Rudy semuanya penari profesional dari EKI Dance Company.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s