Takers (2010)

Apa jadinya kalo sekelompok orang yang terdiri dari antara lain, seorang rapper, pembalap mobil, penyanyi R&B, dan seorang mantan Jedi, berkumpul jadi satu? Mereka menjadi perampok bank.

Premis sekumpulan orang berbeda talenta yang bersatu untuk merencanakan perampokan sama sekali tidak baru. Sudah pernah ada Ocean’s Eleven (2001) sampai The Italian Job (2003). Gordon Jennings (Idris Elba), John Rahway (Paul Walker yang pernah tampil sebagai pembalap di Fast & Furious), A.J. (Hayden Christensen, mantan Jedi yang berubah jadi Darth Vader), Jake Attica (Michael Ealy), dan Jesse Attica (Chris Brown, yes that’s R&B singer) baru saja berhasil merampok sebuah bank dengan hasil US$ 2 juta.

Baru saja merayakan keberhasilan, mereka dikejutkan oleh kemunculan Ghost (Tip “T.I”. Harris, rapper yang tampil lumayan di sini), kawan lama mereka yang hari itu keluar dari penjara. Ghost adalah salah satu dari kawanan yang waktu perampokan beberapa tahun lalu ditembak dan ditangkap polisi. Selama dipenjara ia bungkam mengenai teman-temannya. Sekeluarnya dari bui ia meminta bagi hasil miliknya yang selama ini disimpan oleh temannya. Bukan itu saja, ia menawarkan job untuk merampok armored mobile yang mengangkut US$20 juta. Hal ini menimbulkan kecurigaan sekaligus rasa penasaran teman-temannya.

Di sisi lain ada duo polisi Jack Welles (Matt Dillon) dan Eddie Hatcher (Jay Hernandez)  yang menyelidiki perampokan di bank hari itu. Polisi di film ini tak luput dari cacat. Mereka digambarkan punya persoalan juga, dari masalah rumah tangga, masalah finansial, sampai anak yang harus cuci darah setiap minggu. Sedangkan para perampok bermasalah dalam soal asmara (halah..) dan kakak perempuan yang kecanduan obat-obatan.

Di sini juga tampil Zoe Saldana, si Neytiri di film Avatar (2009). Tapi bagi berharap Zoe yang seksi beraksi di film ini, siap-siaplah kecewa, karena peran Zoe hanyalah pemanis semata, bukan termasuk gerombolan perampok.

Secara instan Takers mengingatkan pada The Italian Job, film yang juga bertema heist. Lucunya Takers tidak menutupi kalo terinspirasi dari The Italian Job karena ada salah satu karakter yang dalam dialognya menyebutkan film ini. Tambah lucu karena Takers mencuri mentah-mentah rencana perampokan The Italian Job dengan meledakkan sepotong jalan raya, agar armored mobile kejeblos di lobang ledakan dan mereka bisa leluasa menjarah uang di mobil tersebut. Tentu saja rencana mereka tidak berjalan mulus dan menemui hambatan di sana sini.

So, dari segi cerita Takers berusaha menyelipkan masalah pribadi dan konflik sebagai pendalaman karakter. Namun hasilnya nanggung dan terasa hanya 2 dimensi alias kurang dalem aka tempelan. Penyelesaian juga terkesan buru-buru. Misalnya, ga dijelaskan secara gamblang penyebab dan solusi masalah rumah tangga si polisi.

Saya terkesan dengan adegan kejar-kejaran on feet antara perampok dan polisi ala yamakasi menelusuri stasiun subway, trotoar jalan yang penuh pejalan kaki, gedung perkantoran, sampai sebuah dapur restoran. Cukup menegangkan.

Tonton Takers kalo mau nyari action dengan drama nanggung, cowok-cowok ganteng mengenakan suit bagus (menurut saya Paul Walker yang paling juara), serta mobil dan motor keren. Selebihnya? Ga ada selebihnya sih..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s