Cargo (2009)

Saat itu tahun 2237, bumi telah menjadi planet yang tak bisa dihuni karena lingkungannya rusak. Dr. Laura Portmann (Anna-Katharina Schwabroh) menerima tawaran untuk menjadi awak pesawat kargo Kassandra. Ia butuh uang untuk menuju planet Rhea yang ijo royo-royo. Dan untuk ke sana butuh ongkos sangat besar. Tujuan penerbangan Kassandra adalah Station 42 yang akan memakan waktu 4 tahun.

Dalam kurun waktu 4 tahun, 6 orang awak Kassandra stand-by bergantian. Sisanya berada dalam posisi hibernasi di tabung cryogenic. Pada saat giliran Portmann berjaga, ia kerap mendengar suara dari dalam kargo. Sepanjang informasi manifes yang ia ketahui, Kassandra memuat kargo berupa peralatan dan suku cadang untuk Station 42.

Didorong penasaran, ia mendekati pintu kaca kargo. Ia terloncat kaget demi mengetahui ada sesosok tangan yang menggapai kaca pintu yang berembun dingin. Sesuai prosedur, ia membangunkan kapten pesawat yang sedang berhibernasi. Bersama-sama, mereka membuka ruang kargo berukuran raksasa yang memuat ratusan kontainer yang disimpan dalam suhu dingin. Di sini, mereka akan menemukan rahasia isi kargo dan mengungkap fakta penipuan di balik ini.

Cargo merupakan produksi Swiss dengan bahasa Jerman dengan genre horror sci-fi. Menonton Cargo, penonton disambut oleh visual effects yang mewah dan rapi. Penggambaran luar angkasa berikut stasiun angkasa, dan pesawat terlihat detail. Untuk set dalam pesawat Kassandra juga saya acungi jempol. Terutama bagian kargo yang luasnya seperti gedung-gedung perkantoran 1 blok dengan level yang berjumlah ratusan.

Sayangnya ini tidak diimbangi dari sisi plot. Awalnya cukup menjanjikan, namun di tengah film saya mulai mengantuk karena bosan. Konfliknya mulai tertebak dan ending-nya sudah bisa direka. Film terburuk yang saya tonton di iNAFFF 2010.

Maaf Cargo, sepertinya kamu harus belajar lebih banyak pada Alien-nya Ridley Scott.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s