Redline (2010)

Madhouse. Anime. Balapan. Tiga kata itu sudah cukup untuk membuat saya langsung membeli tiket presale film ini di iNAFFF 2010. Madhouse terkenal sebagai studio yang telah banyak menghasilkan anime yang keren. Ada yang belum yakin? Redline digambar secara tradisional hanya memakai tangan (bukan dengan komputer) dan diproduksi dalam kurun waktu 7 tahun!! Hasilnya pasti membuat penasaran karena gambarnya pasti akan ‘beraroma khas’.

Redline adalah balapan mobil dengan 1 peraturan yaitu TIDAK ADA peraturan. Semuanya dihalalkan di sini. Bentuk mobil seperti apapun dan dijejali mesin tipe apa saja diperbolehkan di sini. Mau pakai nitro untuk doping mesin juga boleh. Satu mobil dengan 2 orang pembalap juga boleh. Paling ekstrim semua jenis senjata juga boleh dipasang di bodi mobil yang tujuannya untuk menghentikan mobil lawan.

“Sweet” JP, tokoh utama di Redline, adalah pembalap berpenampilan retro yang mengendarai mobil balap yang bentuknya klasik, tidak seperti pembalap lain yang bentuk kendaraannya aneh dan berukuran besar. Sewaktu ikut balapan kualifikasi Yellowline, mesinnya meledak menjelang garis finish, yang disebabkan ulah Frisbee, sang mekanik, yang memencet bom jarak jauh. Frisbee sudah membuat kesepakatan rahasia dengan mafia untuk mengatur pasar taruhan.

Namun dengan dukungan fans, JP masih bisa lolos ke putaran Redline yang kali ini diadakan di planet Roboworld. Planet ini terkenal sebagai planet angker yang tidak bersahabat. Pemerintah Roboworld langsung mengultimatum bahwa siapapun yang ikut balapan Redline di planet mereka akan diburu dan dimusnahkan serta merta.

Menonton Redline mata kita dimanjakan warna-warni menyenangkan namun tidak menyakitkan mata. Mungkin karena ini hasil gambar tangan sehingga nyaman dilihat. Musik hingar bingarnya pas buat nemenin adegan balap. Dari segi cerita juga sederhana. Tidak njelimet seperti Evangelion misalnya. Inti kisahnya balapan menegangkan sambil menghindari serangan lawan dan hujan torpedo pasukan Roboworld. Ada yang menyamakan ini dengan Speed Racer atau Death Race. Kalau saya justru teringat dengan Wacky Races, sebuah serial animasi lawas produksi Hanna-Barbera.

PS: Ada sedikit fanservice di sini 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s