The Next Three Days (2010)

Premisnya The Next Three Days sederhana saja. Hidup sepasang suami istri, Lara dan John Brennan (Elizabeth Banks & Russel Crowe), berubah drastis ketika Lara ditangkap karena diduga melakukan pembunuhan terhadap bosnya. Semua bukti lapangan memberatkan dirinya. Mantel yang terdapat bercak darah serta sidik jari Lara pada alat pembunuhan, sebuah tabung pemadam kebakaran. Lalu ada fakta tambahan bahwa siang hari sebelumnya, Lara sempat terlibat perdebatan hebat dengan si bos di kantor.

Jadilah sepanjang hampir 3 tahun ini John menjadi orang tua tunggal bagi Luke (Ty Simpkins), anak lelaki mereka yang berusia 8 tahun. John harus membagi waktu antara membesarkan Luke, menjadi dosen di sebuah perguruan tinggi, dan mem-follow up kasus sang istri. Dia mulai patah arang ketika pengacara sang istri pun menyatakan tidak ada bukti yang bisa meringankan dan John sebaiknya berkonsentrasi mengasuh Luke.

Batin John goyah ketika Lara sempat melakukan percobaan bunuh diri. Akal sehat  John pun mulai hilang. Ia bertekad untuk membebaskan Lara dari penjara! Tentu bukan hal yang mudah karena John harus membuat perencanaan matang serta dana berlimpah untuk merealisasikannya.

John panik ketika diberitahu oleh Lara bahwa ia akan dipindahkan ke penjara lain dalam waktu 3 hari lagi. John harus bergerak cepat kalau tidak mau kehilangan momen. Tiga hari kedepan menjadi hari panjang yang menegangkan bagi pasangan ini.

Oya, di sini ada sekelebat penampilan Liam Neeson. Walaupun saya nge-fans dengan beliau, namun cameo dirinya tidak penting dan rasanya bisa digantikan oleh aktor lain. Saya justru terkesan dengan Brian Dennehy yang bermain sebagai sosok ayah John yang bijaksana. Brian adalah aktor veteran yang pernah muncul di First Blood (1982) sebagai sheriff angkuh menyebalkan ‘musuh’ Rambo.

The Next Three Days disutradarai dan ditulis oleh Paul Haggis, sineas di balik kesuksesan Crash (2004) di Academy Awards. Paul juga penulis naskah Million Dollar Baby (2004), Casino Royale (2006), Flags of Our Fathers (2006). Kekuatan Paul ada pada sisi drama, oleh karena itu film terbarunya ini bermuatan 2/3 drama. Sisanya baru action. Kelemahannya ada pada plot yang terasa menggampangkan. Yah…kembali lagi, jualannya memang pada sisi drama. Dipastikan beberapa adegan bisa memancing rasa haru. So, film ini ‘aman’ ditonton oleh orang yang alergi dengan film action bakbuk. Lagipula sosok yang dimainkan Russel Crowe memang bukan jagoan tangguh ala Gladiator.

Ironi kental mewarnai akhir film ini.

Moral film ini apabila manusia mulai terdesak, mampu melakukan hal luar biasa. Walaupun itu berarti melanggar hukum.

NOTE: The Next Three Days merupakan adaptasi dari film Perancis, Anything for Her (2008). Trima kasih Andria Gutama atas infonya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s