The Crazies (2010)

Secara tradisonal zombie dipercaya berasal dari kepercayaan voodoo yang dianut masyarakat keturunan Afrika yang membawanya ke wilayah Karibia. Mayat yang dijampi mantra berubah menjadi makhluk tanpa emosi yang siap menunggu perintah tuannya. Dari sudut pandang modern, pihak pemerintah dan militer sering disalahkan sebagai penyebab munculnya zombie. Masyarakat perfilman Hollywood lebih mudah mengarang alasan yang berbau logika ini dibandingkan jika harus menjelaskan asal muasal zombie secara mistik.

Pemahaman modern ini juga dianut The Crazies. Ga kreatif dong? Tunggu dulu, The Crazies ini remake dari film berjudul sama produksi tahun 1973 karya “bapak film zombie” George Romero. Jadi sebenarnya memang bukan ide cerita baru. Pada versi 2010 George duduk sebagai co-writer merangkap executive producer.

Ogden Marsh, Iowa adalah kota kecil di Amerika Serikat yang tenang dan damai, sampai pada suatu hari sheriff David Dutten (Timothy Olyphant) menemukan kasus aneh yang menimpa warganya. Beberapa orang warga mengalami gejala pandangan mata kosong yang selanjutnya bertendensi untuk melakukan hal-hal berbahaya. Dokter Judy Dutten (Radha Mitchell), istri David, belum bisa menyimpulkan penyebab gejala aneh ini.

Sebelum mereka akhirnya menyadari, situasi Ogden Marsh semakin memburuk. Orang-orang yang mereka kenal berubah menjadi zombie dan pasukan militer menyerbu dengan tujuan mengkarantina seluruh kota berikut isinya. Namun keadaan mulai tidak terkontrol ketika warga yang sudah terinfeksi virus zombie lepas dari karantina.

Sheriff David, Judy, dan deputy Russell Clank (Joe Anderson) harus berjuang menyelamatkan diri dari kota kecil yang di ambang kehancuran. Posisi mereka terjepit di antara 2 pihak, zombie-zombie yang mulai mengganas dan berkeliaran di mana-mana serta pihak militer yang yang memburu siapa pun yang masih dalam keadaan bergerak.

Di luar dugaan The Crazies menyuguhkan cerita yang ringan, enak ditonton dan tidak bertele-tele. Latar belakang penyebab munculnya virus zombie disajikan dengan ringkas dan tidak rumit sehngga ga membuat kening penonton berkerut. Porsi action-nya tentu saja yang paling utama. Kejutan lainnya adalah gambar yang nyaman dilihat. Memang bukan yang paling istimewa namun entah kenapa saya suka dengan warna dan sudut pengambilan gambarnya.

Saya rekomen The Crazies untuk pecinta film zombie yang gemar melihat zombie berkeliaran ke sana ke mari mengejar mangsa ahahahahaha….

Dan seperti biasa ending film jenis ini membuka peluang adanya sekuel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s