Buried (2010)

Gelap. Sempit. Pengap. Panik. Paul Conroy (Ryan Reynolds) siuman dari pingsan. Dia mendapati dirinya terbaring dalam sebuah peti mati kayu. ‘Masih untung’, ia dibekali sebuah zippo dan cell phone. Paul harus berpikir cepat karena ia tahu punya waktu terbatas. Batere cell phone-nya. Gas di zippo. Dan persediaan oksigen yang akan menipis.

Pertanyaan penonton pasti “Siapa yang akan menghubungi atau dihubungi oleh Paul melalui cell phone-nya?”, “Bagaimana usaha-usaha Paul agar bisa lolos dari peti mati?”, “Kenapa ia dikubur dalam peti mati?”, dan yang paling esensial, “Bisakah ia keluar dengan selamat?”

Semua tabir akan terkuak seiring bergulirnya kisah film ini.

Plot selanjutnya ga bisa ditulis karena akan men-spoiler keseluruhan cerita.Sebenarnya adegan opening-nya yang brilian sudah mampu menggambarkan isi film sekaligus menggedor rasa penasaran. Paling ga saya kasih bocoran kalo setting Buried 100% ada di dalam peti mati! Buat yang menderita claustrophobic (takut pada ruang sempit) jangan coba-coba nonton Buried. Seriously.

Bocoran kedua, semua yang dialami Paul bukanlah mimpi. Jadi penonton ga usah kuatir kecewa kalo membayangkan ending-nya Paul bangun dari mimpi buruknya (menurut saya ending semacam ini cemen banget, terlalu gampangan).

Salut buat pihak rumah produksi yang berani membuat film sepanjang 90 menit dengan setting di dalam 1 kotak sempit berukuran 2x1m. Jarang ada film yang seperti ini. Tantangannya tentu saja bagaimana cara membuat penonton tetap terpaku selama durasi film.

Mereka harus mengandalkan 2 hal. Naskah dan aktor. Dan dua-duanya berhasil. Naskah bisa menuntun penonton menuju akhir yang mengejutkan. Ryan Reynolds bisa dibilang tampil solo di film ini. Dia tampil meyakinkan sebagai korban penculikan yang tidak berdaya namun tidak mau menyerah begitu saja.

Wajib tongton untuk penggemar film thriller (dan fans Ryan Reynolds tentunya).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s