The Fighter (2010)

Micky Ward (Mark Wahlberg) dan Dicky Eklund (Christian Bale) adalah saudara tiri. Mereka juga pasangan petinju-pelatih. Sebagai mantan petinju profesional, Dicky pernah sukses “mengkanvaskan” Sugar Ray Leonard. Sedangkan Micky  lagi merintis karirnya di dunia tinju pro. Micky duda beranak satu yang sopan, berdedikasi, disiplin, dan ga neko-neko. Dicky berbanding 180 derajat. Dia menyebalkan, norak, pemadat suka teler, kalo ngomong sembarangan, dan sering ngaret. Ditambah lagi dengan penampilannya yang kurus kering, topi yang dipakai terbalik, dan kaos oblong lusuh. Jangan-jangan ia ga pernah mandi. 😀

Namun di balik itu, Dicky mampu memotivasi Micky lewat berbagai teknik tinju yang diajarkan hasil pengalamannya selama menjadi petinju pro. Micky dan Dicky punya keluarga besar dengan 9 orang saudara perempuan(!) yang mereka semuanya menggantungkan nasibnya pada Micky. Mereka inilah suporter utama Micky tapi juga seringkali merecoki kehidupan pribadi Micky.

Ibu mereka, Alice (Melissa Leo), bertindak sebagai manajer Micky. Pada suatu malam di Las Vegas, Micky harus melawan seorang petinju yang berbobot jauh lebih berat dari pada dirinya. Akibatnya Micky kalah dan mulai mempertanyakan keputusan Dicky sebagai pelatih dan Alice sebaga manajernya. Di saat yang bersamaan Micky mulai dekat dengan seorang bartender bernama Charlene Fleming (Amy Adams). Charlene tipe perempuan mandiri yang bisa memberikan masukan obyektif untuk Micky. Dia prihatin dan tidak ingin karir Micky mandek sebagai petinju pro.

Ketika Micky mengambil keputusan untuk menyewa pelatih dan manajer yang berasal dari luar lingkaran keluarga, hal ini menyulut konflik dalam keluarga besar mereka. Saudara-saudara perempuan Micky menuduh Charlene memberi pengaruh buruk kepada Micky. Dan terjadilah tarik-menarik di antara 2 kubu yang berseteru ini dengan Micky sebagai titik tengahnya.

Di film The Fighter ini Bale tampil all out. Dia bisa menurunkan bobotnya sampai 15 kg. Penampilannya tampak kuyu, lusuh, tidak menarik. Tapi itu bukan yang utama. The Fighter sejatinya adalah arena bagi Bale untuk memamerkan kecanggihan aktingnya. Penonton bisa merasakan aura Dicky yang ngeselin lewat gestur percaya diri yang berlebihan dan gaya ngomongnya yang selalu ‘besar’. Dia merasa kesuksesannya mengalahkan Sugar Ray telah menobatkannya sebagai manusia setengah dewa. Pendek kata Bale adalah si brengsek scene stealer di film ini..!!

Jadi, Bale terlihat dominan di sini. Padahal Bale berstatus sebagai supporting actor. Wahlberg jadi agak kebanting dan terlihat sangat normal (karakternya di film ini memang cenderung kalem dan biasa-biasa saja). Dari segi cerita The Fighter cukup ringan dan ngalir. Bukan drama keluarga yang sampe nangis darah. Persoalan berat tidak harus disampaikan dengan berat kan?

Saya rekomendasi The Fighter kalo ingin menjadi saksi kedahsyatan akting Christian Bale. Semoga ia menang di Oscar 2011. Oya, sebagai bonus di akhir film akan tampil Micky dan Dicky yang asli. Sumpah, Dicky yang asli gesturnya mirip banget sama yang dimainkan Bale.

Advertisements

2 responses to “The Fighter (2010)

  1. Oalah kang,,,,
    wes ra ono pelem apik neh nyang bisokop,,,
    terakhir dan terbaik adalah The King’s Speech……….
    Oh, jangan paksa saya nonton pelukan hantu gerandong pliss……
    Mana sekarang film terakhir dari Hp (udah bertahun – tahun menunggu saat ini), belom lagi trilogi terakhir transformers,,, duh…….

    Sampeyan ga nulis ha itu kang ??

    Btw, emang akting Bale mengesankan,,,,
    paling mengesankan (sekaligus mengenaskan) saat Bale tampil The Machinist, sampe ga tega liat dia tanpa busana 😀

  2. Wah, iya nih belum sempet nge-review The King’s Speech.
    Setelah itu review apa lagi ya?
    Black Swan SEHARUSNYA mulai diputer minggu ini. Abis itu ada True Grit.

    Bulan Maret ada Sucker Punch. Pertengahan tahun ini ada TF3, Green Lantern, Thor, Captain America, HP7 part 2, dan masih banyak lagi…

    Masa harus nonton itu semua di dvd?!! 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s