Immortals (2011)

Immortals resmi membuka iNAFFF11 pada 11.11.11. Film karya sutradara Tarsem Singh yang terkenal lewat The Cell (2000) dan The Fall (2006) berkisah tentang Theseus (Henry Cavill), seorang manusia biasa yang dipilih oleh Zeus (Luke Evans), untuk melawan kekejaman Raja Hyperion (Mickey Rourke, yang notabene memang sangat menjiwai peran villain seperti ini).

Simpul dari perseteruan ini adalah busur Epirus yang memiliki anak panah tak terbatas serta mampu membebaskan para Titan yang terkurung di gunung Tartarus. Dalam petualangannya, Theseus ditemani oleh Phaedra ( Freida Pinto), seorang peramal yang masih perawan(!), dan Stavros (Stephen Dorff, sang scene stealer).

Tarsem menggunakan pendekatan renaisans dengan tone halus yang sekilas mengingatkan pada Hercules-nya Lou Ferrigno. Jadi tidak terlihat crisp dan komikal seperti 300 (2006). Kemiripan dengan 300 adalah level kekejamannya. Immortals banyak menghamburkan darah dalam adegan pertarungan yang bisa dinikmati dalam adegan slo-mo.

Henry Cavill tampil meyakinkan dalam peran from zero to hero ini. Seperti biasa, di film bertema heroik ini ada ‘pidato’ dari sang protagonis yang menurut saya, berhasil untuk membakar semangat pasukannya. Oya, Luke Evans sebagai Zeus pun patut memperoleh kredit karena mampu menggambarkan pemimpin para dewa yang punya kekuatan super namun terjebak dilema untuk mencampuri urusan manusia di bumi.

Selanjutnya SPOILER ALERT!

Ada satu adegan yang menjadi favorit saya (mungkin juga semua penonton), yaitu adegan rombongan dewa yang dipimpin oleh Zeus bertarung melawan para Titan yang sudah dibebaskan Raja Hyperion. Terlihat brutal sekaligus indah. Kudos untuk Tarsem!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s