This Baby ain’t Infant Anymore: Happy 20th Anniversary Achtung Baby!

Hari ini, 19 November, Achtung Baby genap berusia 20 tahun. Saya yakin setiap orang pasti punya 1 album paling signifikan. Buat saya itu berarti Achtung Baby. Album ke-7 U2 ini sukses membuka perspektif indera pendengaran saya. Sebelum AB, referensi musik saya masih berkutat pada Michael Jackson, Def Leppard, Queen, Pet Shop Boys, dan semua artis pop disco era 80an.

Jangan keliru, sampai sekarang pun masih suka dengan musik-musik di atas, tapi AB-lah yang pertama kali (bagi saya) meramu rock alternatif, industrial, sekaligus dance electronic.

Fakta: ini bukan perkenalan perdana dengan U2. Jauh sebelumnya sudah pernah mendengar “I Still Haven’t Found What I’m Looking For” dari album The Joshua Tree. Namun lewat single “The Fly” yang waktu itu ditayangkan di ANteve yang membuat kuping saya tersengat. Intro gitar The Edge langsung membuat jatuh hati yang diikuti oleh sound drum Larry Mullen Jnr. yang terdengar industrial dan vokal Bono yang di-mix agak kasar. Semuanya disempurnakan oleh cabikan bass Adam Clayton yang khas banget.

Kaset AB yang saya miliki (Yak, betul sodara-sodara. KASET), mungkin sudah ratusan kali diputar. Pada sleeve kaset AB versi lokal ini, foto Adam yang berpose telanjang bulat, dicoret-coret pada bagian vitalnya. Saya baru tahu beberapa tahun kemudian setelah punya CD-nya. Oya, pada awalnya AB akan diberi title “Adam” mengacu pada foto ini.

Track favorit? Hmmmm kalo disuruh milih track favorit memang agak susah. Paling ga 3 track favorit adalah “Who’s Gonna Ride Your Wild Horses”, Ultraviolet (Light My Way)”, dan “So Cruel”. Kabarnya The Edge kurang suka dengan “So Cruel” karena part gitarnya ga menonjol hehehe…

Track tidak favorit? “Love is Blindness”. Karena nuansanya terlalu serius dan muram. Sialnya track ini diletakkan paling bontot. Jadi jarang ‘kesentuh’.

Sekali lagi saya ucapkan selamat hari jadi yang ke-20 buat Achtung Baby! Terima kasih untuk pengaruh serta inspirasi yang sudah diberikan. Jejakmu terlihat pada banyak karya musisi lain. Kamu sudah dewasa sekarang.

Note:

Achtung Baby dirilis kembali tahun ini dalam beberapa bentuk format dan paket.

Leave a Reply

