The Yellow Sea (2010)

Gu-nam (yang diperankan dengan brilian oleh Ha Jung-woo), adalah sopir taksi yang kecanduan judi. Kondisi ini diperparah  bahwa ia menanggung hutang sebesar 60.000 Yuan dan istrinya telah kabur ke Seoul selama 6 bulan.

Karena kepepet Gu-Nam menerima tawaran Myun (Kim Yun-seok yang tampil total brutal), seorang pedagang anjing sekaligus bos gangster di wilayah tersebut, untuk membunuh seorang pria di Seoul dan harus membawa potongan jempol si korban sebagai tanda bukti. Sebagai gantinya ia diimingi uang 57.000 Yuan dan kesempatan untuk bertemu dengan istrinya di sana.

Dengan berbekal sebuah nama plus alamat apartemen dan uang 5.000 Yuan, ia berangkat ke Seoul dan diberi waktu sekitar 1 minggu untuk melaksanakan tugasnya. Begitu tiba di Seoul ia melakukan observasi lapangan dan pengintaian calon korban yang ternyata seorang profesor. Di saat yang bersamaan ia juga menyelidiki keberadaan sang istri di kota tersebut.

Pada suatu malam ketika hampir 1 minggu mengintai, ia menyaksikan 2 orang mencurigakan memasuki apartemen sang professor. Penasaran ia bergegas menyusul masuk. Ia terperanjat melihat kejadian di tangga apartemen dan menyaksikan hal yang seharusnya tidak boleh disaksikan. Mulai detik itu hidupnya terancam karena menjadi incaran gangster Seoul, gangster Cina, dan polisi Korea Selatan.

Nah, sosok Gu-nam ini mewarisi gen keperkasaan John Rambo dan kelihaian John MacClane yang membabat habis semua pihak yang menghalanginya dalam usaha untuk mengetahui siapakah dalang dari permainan kotor di balik pembunuhan sang profesor.

Setelah setengah jam awal yang agak datar, ritme film garapan sutradara Na Hong-jin ini 2 jam ke depan mulai bergerak cepat. Adegan kejar-kejaran, tabrakan mobil di sana sini, pertarungan satu lawan satu, perkelahian satu lawan banyak, pisau menancap, peluru beterbangan, tulang babi sebagai bat(!), golok berkelebat, dan intrik di setiap sudut film ini diramu jadi satu suguhan yang lezat.

Salah satu film terbaik di iNAFFF11 dan tahun 2011 tentunya.

HIGHLY RECOMMENDED.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s