Sherlock Holmes 2: A Game of Shadows (2011)

Sutradara Guy Ritchie ternyata penganut mazhab “if it’s not broke, don’t fix it”. Unsur baru di seri kedua film Sherlock Holmes ini hanya tokoh penjahat dan beberapa karakter pendukung. Selebihnya, template-nya sami mawon dengan pendahulunya.

Apa aja sih persamaannya? SH2 masih menjual “hubungan mesra” antara Holmes (Robert Downey Jr.) – Watson (Jude Law) yang selalu diwarnai rentetan dialog unik nan konyol. Yang juga masih hadir, slow-motion action sequences lengkap dengan imajinasi Holmes tepat beberapa detik sebelum peristiwa tersebut terjadi. Dan tentunya juga masih banyak ledakan di sana sini.

Dikisahkan sang detektif eksentrik, Holmes berhadapan langsung dengan Profesor Moriarty (Jared Harris) yang menjadi dalang banyak peristiwa kriminal di daratan Eropa. Moriarty sangat mendekap erat kerahasiaan operasinya. Ia menjaga agar tangannya tetap bersih tak terlacak oleh polisi. Holmes tahu tentang hal ini dan berusaha mengumpulkan bukti konkrit untuk menangkap Moriarty.

Di sisi lain, partner setianya, Dr. Watson sedang merencanakan pernikahan dengan Mary (Kelly Reilly) sekaligus berniat mengundurkan diri dari dunia investigasi. Setelah Watson menikah, Moriarty malahan justru mengarahkan antek-anteknya untuk membunuh Watson dan sang istri dengan maksud agar Holmes menghentikan penyelidikannya.

Sebagai karakter pendukung, ada Irene Adler (Rachel McAdams), seorang tukang tipu yang punya hubungan cinta-benci dengan Holmes. Lalu ada Mycroft Holmes (Stephen Fry), kakak laki-laki Holmes yang sama-sama jenius dan eksentrik (harus liat sendiri seperti apa “gilanya” si Mycroft ini). Yang terakhir, Sim (Noomi Rapace) sebagai gypsy yang membantu usaha penyelidikan Holmes – Watson.

Secara keseluruhan, karena template-nya sama dengan yang pertama, di film ini ga ada kejutan secara plot. Moriarty sebagai karakter villain memang terlihat lumayan mengancam secara intelektual tapi secara visual terasa kurang intimidatif.

Jadi jangan nonton film Holmes ini.

Kalo cuma sendirian.

Bakal lebih seru kalo ditonton bareng temen-temen satu gang. Mau gang sawo, gang mangga, atau gang buntu terserahlah…. Yang penting rame-rame, soalnya banyak dialog dan momen lucu sepanjang film yang bisa dibagi (tsaaaaahhhh..…)

Advertisements

3 responses to “Sherlock Holmes 2: A Game of Shadows (2011)

  1. Bagusan yang pertama ya? sekuelnya ini berasa kurang greget 😐
    Poor casting on Prof Moriarty, kurang berkharisma dan jadi kalah auranya ama RDJ :))
    Si Noomi Rapace lebih parah lagi, cuma jadi tempelan. Mau ada atau ga ada peran dia kayaknya ga ngaruh juga

    • Iyesss… banyak adegan repetitif di SH2.
      Peng-casting-an Noomi Rapace terlihat lebih sebagai aji mumpung karena namanya lagi naik di Hollywood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s