The Parade a.k.a. Parada (2011)

Parada_poster

The Parade adalah sebuah film drama komedi buatan Serbia mengenai kaum LGBT (Lesbian Gay Bisexual Transgender). Kaum LGBT di Serbia, tepatnya di Belgrade, sedang mengorganisir sebuah parade di kota tersebut dengan tujuan membuka mata warga bahwa mereka ada dan memperjuangkan persamaan hak bagi LGBT.

Masalahnya kaum LGBT di Belgrade selama ini selalu di-bully secara fisik oleh kelompok neo nazi (skinheads) yang mengklaim diri mereka sebagai perwakilan dari warga yang ‘normal’. Melalui jalan berliku, panitia parade yang dimotori oleh Mirko (Goran Jevtić), akhirnya menemukan sosok penyelamat yang berwujud seorang redneck veteran perang Yugoslavia pemuja machoisme tingkat akut, Miško Drašković alias Limun (Nikola Kojo), yang sebenarnya alergi dengan kaum LGBT.

odd couple

Lho, terus kenapa dia mau menolong pelaksanaan parade? Alasannya cuma satu, demi cintanya kepada sang tunangan, Biserka (Hristina Popović), yang mengancam akan membatalkan acara pernikahan apabila sang veteran perang menolak bekerja sama dengan sang desainer merangkap wedding organizer mereka (Mirko), yang notabene adalah seorang gay.

Singkat cerita, Limun harus menempuh perjalanan darat melintasi negara-negara wilayah Balkan bersama kekasih Mirko, Radmillo (Miloš Samolov), untuk merekrut beberapa sahabat Limun sebagai bodyguard parade.

Sisi naskah The Parade terlihat cemerlang. Bisa saya bilang, penulis naskah sekaligus sang sutradara Srđan Dragojević adalah JENIUS karena penonton sudah tertawa dari detik-detik awal pemutaran film dan ini berlangsung sampai akhir cerita. Bukan hal yang mudah menulis dialog menggelitik sekaligus bernas. Iya, humornya terentang mulai dari penampilan serta gesture para pemerannya yang terlihat unik, ‘konspirasi alam’ yang mempertemukan semua karakter, sampai dengan celoteh seenak udel yang mengandung daya ledak humor level maksimal.

Lebih gilanya lagi, di sepanjang film bertebaran kritik sosial dan politik yang menempel sebagai bagian tak terpisahkan dari plot film. Joke favorit saya adalah penggunaan burung elang sebagai kurir narkoba dan konsumen obat terlarang ini justru tentara Amerika Serikat yang ditempatkan sebagai penjaga perdamaian di wilayah Balkan.

Cari film ini. Highly recommended.

cheers

*The Parade diputar dalam rangkaian Europe on Screen 2013.*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s