Man of Steel (2013)

up up and away

>>>>>>>>>>>>> SPOILER ALERT! <<<<<<<<<<<<<

“People are afraid of what they don’t understand” – Jonathan Kent

Kalimat yang meluncur dari mulut Papa Jonathan (Kevin Costner) melandasi segala perilaku Clark Kent (Henry Cavill), sejak ia menyadari bahwa ada yang berbeda dalam dirinya dibanding orang di sekitarnya. Sikap untuk menahan diri, jaga emosi, tetap low profile adalah harga yang harus dibayar oleh Clark atas kekuatan yang dimilikinya.

Apakah Clark akan bersembunyi sepanjang hayat dan hanya berdiam diri atau berjuang menolong manusia menegakkan kebaikan serta keadilan, menjadi poin krusial di sini. Namun, Jonathan dan sang istri, Martha (Diane Lane), sadar bahwa Clark memang berbeda dan istimewa. Sehingga sedari dini mereka menyiapkannya dengan ajaran moral luhur agar siap menjalankan tugas sebagai penolong umat manusia apabila waktunya telah tiba.

Papa Jonathan and Clark

Benar saja, ketika Clark sudah siap, ia (ironisnya) secara tak sengaja ‘memanggil’ General Zod (Michael Shannon) lewat sinyal yang dikirimkan dari sebuah pesawat asal Krypton yang telah terdampar di bumi ribuan tahun lamanya. Zod langsung mengultimatum agar Kal-El/Clark keluar dari persembunyian atau bumi beserta isinya akan hancur lebur. Clark mengalami dilema. Dia tahu Zod tidak dapat dipercaya. Apapun keputusannya bumi akan tetap terancam dan merasa ini saat yang tepat untuk bertindak menyelamatkan bumi dalam wujud Superman.

Sedikit kembali ke kalimat di awal artikel yang diucapkan oleh Jonathan Kent. Saya tidak tahan untuk memberikan penafsiran lebih luas. Bisa jadi kalimat tersebut merujuk pada hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan. Apakah karena pemahaman nalar manusia yang terbatas yang akhirnya mengakibatkan manusia takut terhadap Tuhan, suatu zat pencipta dengan kekuatan tak terukur? Fakta yang harus dicatat, Jor-El memang memformat Kal-El untuk menjadi ‘Tuhan’ di antara umat manusia di bumi. Ini pasti ada korelasi dengan adegan Clark yang melakukan pengakuan kepada seorang pastor di sebuah gereja. Seingat saya ini pertama kali di film Superman ada adegan religius secara spesifik.

OK, sekarang loncat ke bagian opening Man of Steel garapan sutradara Zack Snyder yang menampilkan planet Krypton yang sakaratul maut. Penonton pasti kaget dengan banyaknya porsi Krypton dibanding film-film Superman sebelumnya. Sisi positifnya saya jadi tahu bahwa planet Krypton bukan hanya terdiri atas bebatuan keras belaka, namun mengandung hal-hal organik seperti adanya air. Walaupun sepertinya air ini pun ciptaan makhluk Krypton, bukan fenomena alam. Lalu ada kadal raksasa bersayap sebagai tunggangan Jor-El (Russel Crowe). Sisi negatifnya, durasi segmen Krypton terasa agak bertele-tele. Sempat membuat pikiran saya terpeleset, “Kok ini seperti Star Wars Episode 2: Attack of the Clones, John Carter dan The Matrix Revolutions digabung menjadi satu?”. Ini masih ditambah dengan baju zirah dengan helm ‘berbelalai’ yang mirip dengan Engineer’s suit dari Prometheus.

Yang paling menarik dari Krypton adalah secara desain banyak penggambaran alat kelamin perempuan dan laki-laki pada benda-benda ciptaan mereka, misalnya kapsul pelarian Kal-El yang sekilas menyerupai penis, koridor rumah yang mirip dengan struktur liang vagina. Secara komprehensif ini mungkin sebagai konsep “asal-usul makhluk hidup” yang kalau di kebudayaan Indonesia kuno digambarkan sebagai lingga dan yoni. Secara sempit bisa sebagai pernyataan “Ini lho asal-usul Kal-El”.

 flying

Superman: sang penyelamat atau justru pembawa bencana?

Sebagai akibat dari pertarungan antara Superman melawan Zod plus beberapa anak buahnya, sebagian bumi hancur. Pom bensin terbakar, mobil beterbangan, aspal jalan terkoyak, dan tak terhitung deretan gedung perkantoran di Metropolis yang ambruk dalam sekejap. Belum lagi nyawa manusia yang meregang menjadi korban. Ini bisa memicu perdebatan, apakah Superman pembawa sial? Karena Superman-lah yang ‘mengundang’ Zod ke bumi. Mungkin bumi aman sentosa seandainya Superman tidak ada.

Adegan klimaks Man of Steel pun mengandung suatu penafsiran. General Zod yang sudah kehilangan semua anak buahnya dan merasa tujuan hidupnya telah hilang dirampas oleh Superman, nekad melakukan tindakan tiji tibeh (mati siji mati kabeh). Situasi yang memaksa Superman untuk mengambil keputusan secara cepat dan drastis. Dia harus membunuh Zod saat itu juga atau Zod yang akan membunuh manusia bumi di depan matanya.

Terlihat sejenak kode etik Superman hilang. Dia yang dikenal sebagai boy scout of superhero harus membunuh seseorang. Walaupun notabene orang ini adalah super villain. Bagian yang paling menyakitkan tentu saja Superman baru saja membunuh saudaranya sendiri. Ini  bagaikan pembunuhan Habil yang dilakukan oleh Qabil, saudaranya sendiri. Peristiwa yang dikenal sebagai pembunuhan pertama di muka bumi. Sama seperti Superman yang untuk pertama kalinya membunuh saudara sendiri, sesama Kryptonian. Teriakan pilu Superman mewakili tangis Qabil yang merasakan kesedihan mendalam.

Zod

Epilog.

Adegan akhir Man of Steel ditutup manis dengan ‘lahirnya’ sosok Clark Kent yang kita kenal selama ini. Pria sopan nan kikuk dengan setelan jas dan kacamata frame tebal yang berprofesi sebagai wartawan Daily Planet.

Catatan tambahan:

  1. Man of Steel tidak memiliki theme song. Tapi scores yang dikomposisi oleh Hans Zimmer masih membekas. Orang ini benar-benar seorang maestro.
  2. Perry White, editor-in-chief Daily Planet, dimainkan oleh Laurence Fishburne, aktor kulit hitam kawakan.
  3. Tidak ada Jimmy Olsen. 😦
  4. Ada penampakan logo Lexcorp yang pastinya sinyal untuk film selanjutnya. Saya membayangkan Lex Luthor, selama peristiwa Zod, memasang kamera pengintai di mana-mana untuk mengukur kekuatan dan kelemahan Superman.
  5. Terakhir, saya suka dengan adegan Superman terbang yang selalu disertai dengan ledakan ultrasonik yang menandakan bahwa ia sudah melewati kecepatan suara.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s