“Alphonsine”

moscow olympics

Menyimak lagu baru dari Moscow Olympics “Alphonsine” bagaikan mendengar sebuah kabar dari teman lama yang sudah lama hilang. Betapa tidak, saya ‘menemukan’ mereka di belantara internet tahun 2009. Informasi mengenai mereka sangat minim. Saya hanya tahu mereka berasal dari Filipina. Ya sudah, persetanlah… yang penting musik mereka ramah di telinga saya.

Yang jadi masalah, setelah tahun 2009 mereka seperti menghilang. Tidak ada publikasi mengenai eksistensi mereka. Saya coba semua kanal internet kira-kira bisa melacak keberadaan mereka. Syukurlah, Moscow Olympics punya selembar fan page di Facebook.

Tak dinyana, sebuah kejutan mengapung kemarin, tanggal 19 Juni 2013, ketika Moscow Olympics mengumumkan bahwa Beko, selaku label rekaman mereka, merilis sebuah lagu baru berjudul “Alphonsine” di situs Bandcamp.

Yang menarik, lagu yang berdurasi 03:17 ini, didominasi instrumental. Baru pada menit 02:07 vokal masuk lamat-lamat sembari  mengulang suatu frasa (hanya menangkap “I do…”). Gitar yang mengawang berkelebatan, drum loops dari synthesizers, lapisan-lapisan instrumen yang masuk lebur menjadi satu,  langsung mengingatkan kepada nuansa musik The Radio Dept. Nikmat sekali.

Ah, durasinya terasa terlalu singkat, namun paling tidak ini sebuah sinyal bahwa Moscow Olympics masih hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s