Zooropa 20 Tahun!

u2zooropa

5 Juli 1993. Tepat 20 tahun yang lalu album Zooropa dirilis. Bagi U2 ini bukan tanggal yang lazim untuk sebuah album baru. Sebagian besar album U2 (9 buah) keluar pada bulan Maret, Oktober, dan November. Ada 2 yang keluar di bulan Februari. Hanya Zooropa yang keluar bulan Juli.

Apakah artinya ini? Zooropa adalah sebuah album ‘kecelakaan’. Niat awalnya bukan album penuh, melainkan EP. Personil U2 melakukan sesi rekaman Zooropa di sela-sela Zoo TV Tour. Sempat ada perdebatan ketika konsep EP akan berubah menjadi album penuh, namun mereka sadar tidak ingin kehilangan momentum sejak album Achtung Baby dan sepakat bahwa Zooropa menjadi kontinuitas dari AB.

Setelah bertahun-tahun kemudian pun ketika Zooropa bertambah ‘tua’, Setiap personil U2 punya opini yang berbeda mengenai album ini.

Track “Zooropa” yang membuka album ini secara gamblang menggambarkan tema album secara keseluruhan: kehidupan yang didominasi elektronik, hal berbau robotic, minim distorsi gitar, pesan-pesan yang berseliweran setiap hari di mata kita yang bisa mengakibatkan hilangnya arahnya hidup, namun dengan konklusi sikap optimis.

Album Zooropa adalah pernyataan U2 bahwa walaupun manusia digempur iklan bertubi-tubi, dikepung berbagai slogan, dan minimnya hubungan manusia secara yang nyata (sudah dibuat lebih ‘praktis’ oleh internet), manusia harus tetap menjaga kewarasan dengan jalan tetap memelihara emosi agar tidak beku dan akhirnya lenyap tak berjiwa seperti robot. “Babyface” menunjukkan obsesi seseorang terhadap perempuan model yang disaksikan olehnya melalui sebuah televisi setiap hari. “Numb” menghamburkan berbagai slogan. “Daddy’s Gonna Pay for Your Crashed Car” ‘menyerang dengan beat industrial.

Hiruk-pikuk Zooropa ditutup dengan sempurna oleh “The Wanderer”, sebuah track dalam yang soulful. Uniknya, untuk track ini Bono, yang sebenarnya telah merekam vokalnya untuk lagu ini di studio, memasrahkan posisi utama vokal dihembuskan oleh seorang penyanyi country legendaris, Johnny Cash.

Kehebatan Zooropa terlegitimasi dalam bentuk “Best Alternative Music Performance” yang dianugerahkan pada ajang Grammy tahun 1994.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s