Harrison Ford and the Endangered Tropical Forests

Year of

Masyarakat pasti telah tahu mengenai kunjungan Harrison Ford di Indonesia bulan September 2013. Ford datang di sini dalam rangka pembuatan sebuah film dokumenter tentang lingkungan hidup yang berjudul “Years of Living Dangerously”. Proses shooting dilaksanakan di Taman Nasional Tesso Nilo (Riau), Palangka Raya (Kalimantan Tengah), dan Jakarta.

Saya tidak akan membahas kehebohan selama Ford di Indonesia. Anggap saja itu bagian dari kampanye publisitas. Saya justru tertarik dengan judul film yang dipakai oleh Ford yang mengingatkan pada sebuah film yang berjudul mirip.

Film tersebut adalah “The Year of Living Dangerously” (1982) garapan sutradara Peter Weir yang dibintangi oleh Mel Gibson dan Sigourney Weaver. Plotnya tentang hubungan asmara seorang jurnalis asal Australia dengan latar belakang situasi bergolak Indonesia (khususnya Jakarta) seputar tahun 1965. Uniknya, shooting digarap di Filipina (Manila) dan Australia karena pemerintah era Orde Baru tidak merestui dan melarang pembuatan film ini di Indonesia.

OK, berarti kedua film memiliki persamaan secara langsung maupun tidak langsung membahas tentang Indonesia. Sampai di situ saja? Ternyata masih ada 1 ‘hubungan’ lagi.

Pada tahun 1985 Peter Weir pernah menyutradarai film “Witness” dengan pemeran utama tak lain & tak bukan jeng….. jengjenggg……

HARRISON FORD!

Kebetulan semata? BISA JADI!

Witness

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s