The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)

The-Hobbit-Desolation-of-Smaug-Poster>>>>>>>>>>>>> SPOILER ALERT <<<<<<<<<<<<<

Para penonton film kisah-kisah kaum Hobbit mungkin tak ubahnya seperti fanboys Star Wars. Mereka tahu tidak ada sesuatu yang sungguh-sungguh baru di setiap rilis film yang paling akhir dan bisa saja menduga seperti apa jalan ceritanya, namun tetap saja berbondong-bondong menyaksikan di bioskop.

Jawabannya: ada rasa kangen untuk menikmati dunia (realm) yang telah akrab selama ini. Entah itu karakter-karakternya, suasana alamnya, atau bahkan musik latarnya.

Singkat cerita, rombongan Gandalf (Ian McKellen), Bilbo Baggins (Martin Freeman) dan para kurcaci (dwarf) yang diketuai oleh Thorin Oakenshield (Richard Armitage), menuju Lonely Mountain dengan melintasi hutan Mirkwood dan Lake-Town.

Rombongan ini (masih) dikejar oleh kawanan Orcs yang dipimpin oleh Azog (Manu Bennett). Ketika akan memasuki hutan Mirkwood, Gandalf berpisah jalan dengan yang lainnya. Di dalam hutan angker ini, mereka diserang oleh sekawanan laba-laba raksasa. Lepas dari perangkap laba-laba raksasa, rombongan naas ini ditawan oleh Elf yang dikomandani oleh Tauriel (Evangeline Lilly). Nah, di sini mulai meletup cinta segitiga antara Tauriel, Legolas (Orlando Bloom), dan seorang kurcaci, Kili (Aidan Turner). Thranduil (Lee Pace), sang raja Elf sekaligus ayah Legolas, menawarkan suatu kesepakatan yang ditolak mentah-mentah oleh Thorin. Tidak ada jalan lain. Mereka harus melarikan diri dari penjara di kerajaan Elf.

Berkat upaya Bilbo, mereka berhasil lolos dengan jalan dramatis (tubing on the river was so last decade. It’s time for barreling). Selanjutnya, mereka tiba di Lake-Town, sebuah kota danau di kaki Lonely Mountain yang dihuni manusia. Di sini pun mereka lagi-lagi ditangkap. Sepertinya kombinasi hobbit dan kurcaci memang menjadi incaran berbagai pihak. Namun saat ditangkap, Thorin berhasil meyakinkan Master of Lake-Town (Stephen Fry), bahwa ia akan membagi emas Erebor untuk manusia.

Setelah melalui upacara pelepasan, sebagian rombongan kurcaci dan Bilbo, bertolak menuju Lonely Mountain. Sebagian sisanya tinggal di dalam kota untuk menyembuhkan Kili yang terkena panah beracun Orcs.

Sementara itu, Gandalf menyelidiki kekuatan jahat di Dol Guldur. Di situ, ia berjumpa dengan sosok yang rupanya familiar, the one and only Sauron!

Adegan pamungkas terjadi di dalam perut Lonely Mountain. Bilbo dan para kurcaci berseteru melawan Smaug, sang naga (disuarakan oleh Benedict Cumberbatch). Akhir cerita di film ini adalah adegan pembuka untuk huru-hara di film ketiga. Terkesan nanggung banget sih. Tapi memang memancing rasa penasaran menonton film bagian paling akhir dari trilogi The Hobbit ini.

Trivia:

Sutradara Peter Jackson cameo sebagai karakter yang muncul paling duluan di awal film.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s