Transformers: Age of Extinction (2014)

Age of Extinction

Michael Bay selalu berusaha mencetak sebuah milestone. Setidaknya untuk dirinya sendiri dan itu berwujud dalam durasi Transformers: Age of Extinction yang mencapai 165 menit!

Apakah perlu (durasi 165 menit)? Tegas jawabannya: Tidak. Ga ngerti deh apa alasan Bay memulurkan durasinya sampai sedemikian panjang tanpa ada kebutuhan krusial. Plot? Bertele-tele dan (masih) melebar ke hal yang tidak esensial. Misalnya tarik ulur hubungan antara ayah – anak, Cade (Mark Wahlberg) dan Tessa Yeager (Nicola Petz). Pada awalnya, konflik antara mereka tersimak menggemaskan. Namun lama-lama jadi menyebalkan.

Jujur, Wahlberg bermain tidak jelek di sini. Nah, yang terlihat ga maksimal itu Stanley Tucci dan Kelsey Grammer. Saya tahu kemampuan akting mereka sangat dahsyat di film-film lain. Atau di T:AOE mereka hanya menyimpan tenaga? Semacam proyek santai-santai begitu?

Terus kenapa kalau ada karakter berbau Jepang, yang di-casting harus Ken Watanabe? Kayak ga ada aktor lain saja. Jangan keliru, saya penggemar Watanabe tapi Hollywood seyogyanya punya pilihan lain.

Poin yang paling mengecewakan adalah porsi Dinobots yang minim. Dengan durasi yang panjangnya bukan kepalang bagaikan ular naga, kemunculan Grimlock and the gang terasa kurang bermakna. Ga sebanding dengan materi promosi yang menggadang-gadangkan kemunculan perdana mereka di layar lebar.

T:AOE sepertinya memang didesain oleh Bay untuk menjadi tipikal film musim panas Hollywood. Glamor, raksasa, sekaligus kosong. Setidaknya strategi Bay memperbanyak setting T:AOE di Cina, ternyata sangat jitu. Terbukti, di sana film ini mencetak hasil penjualan tiket dalam jumlah fantastis.

Bagian terbaik di film buat saya adalah pemunculan sejenak bentuk G1 dari Optimus Prime dan cameo dari Jessica Gomes, seorang model cantik super seksi blasteran Cina Singapura – Portugis, sebagai announcer di layar televisi milik KSI. Lumayanlah, ada kejutan singkat yang menyegarkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s