Lucy (2014)

Lucy

 

Lucy (Scarlett Johansson yang tetap tampil sebagai femme fatale, walaupun agak mendingan dibandingkan di film Captain America: The Winter Soldier), adalah seorang gadis biasa-biasa saja yang mendadak berubah luar biasa karena nasib sial yang menimpa dirinya.

Ketika manusia pada umumnya menggunakan hanya 10% kapasitas otak, Lucy mampu memompa potensi otaknya di atas 50%. Tentu saja dengan kondisi seperti itu, ia menjadi pemburu sekaligus diburu.

Yang pasti, terlalu naif jika melabeli film ini sebagai sci-fi. Ini murni action dengan premis ilmiah di latar belakangnya. Sebagai film action, Lucy dapat dipertanggungjawabkan. Sedari awal, Luc Besson selaku penulis skrip sekaligus sutradara, telah menyuntikkan ketegangan dengan dosis yang terjaga lewat editing yang rapi.

Nah, entah kenapa sepanjang menonton film ini, kok merasa Lucy sedikit banyak mengambil elemen beberapa film, mulai dari X-Men, 2001: Space Odyssey, sampai Inception. Ga ganggu sih, hanya kalau kebetulan pernah menonton film-film yang disebutkan barusan, pasti setuju dengan pendapat saya. Ide ceritanya juga ga baru. Ingat Limitless (2011)?

Yang mengganjal sih ada. Pertama, ketika setting film berada di Taiwan, kenapa gangsternya orang Korea? Apakah ini efek “hallyu” yang melanda seluruh dunia? Yang kedua, kenapa percakapan dalam bahasa Korea tidak diterjemahkan? Sementara bahasa Perancis bisa diterjemahkan. Jadi sedikit mengurangi kenikmatan ‘mengunyah’ Lucy.

Ending Lucy bisa meletupkan perdebatan. “HAH? Cuma segitu aja? Aneh banget deh!” Yang lain berkomentar, “Hahaha kocak banget akhir filmnya!” Atau ada yang malah beropini, “Brilian nih ending-nya!”

Kamu termasuk yang mana?

Menariknya, ada yang nyeletuk kalau Lucy ini adalah prekuel dari film Her (2013).

Hmmm…. mungkin saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s