Limited Edition Figures dari Good Guys Never Win & Co.

figures asli Indonesia!

figures asli Indonesia!

Tampak belakang

Formasi lengkap

Artikel kali ini tidak akan mengulas film atau musik, melainkan mainan! Ini harus ditulis karena masuk kategori bersejarah. Atau malah bisa dibilang monumental. Saya melihat penampakan deretan figures ini di ajang The Jakarta Toys and Comics Fair 2015 yang berlangsung pada tanggal 7 & 8 Maret 20015. Pandangan saya sontak terpukau ketika menatap deretan figures asli Indonesia ini. Lalu, saya sempat mengobrol dengan pembuatnya, Cipta Croft-Cusworth dari Good Guys Never Win & Co.

Cipta berujar untuk proses produksi figures, ia memiliki tim berjumlah 6 orang yang bertugas mengecat. Iya, semua figures ini hand painted! Pastinya ada standardisasi untuk mengontrol kualitas hasil pengecatan. Setiap figure diproduksi terbatas sebanyak 300 buah dan dicantumkan nomor urut figure tersebut di bagian belakang blister card.

Teruntuk kaum Marhaen

Teruntuk kaum Marhaen

Setiap figure dikemas mirip dengan figure 3 3/4 inci Star Wars produksi Hasbro, yang bukan kebetulan memang disukai oleh Cipta. Bedanya, bubble plastic tempat figure tidak dilem ke blister card, tapi hanya di-staple. Jadi figure dapat dikeluarkan dari bubble plastic dan dimasukkan kembali tanpa perlu merusak blister card.

versi hitam

versi hitam

versi putih

versi putih

Total ada 16 buah figure di Seri 1 ini. Termasuk 2 figure (bukan) Bang Rhoma yang identik, namun berbeda warna pakaiannya (versi putih & hitam).

Dengan tidak mengesampingkan TNI Bott dan Bionic Ugly, pembahasan akan difokuskan pada figure selain mereka.

"Isih penak jamanku tho?"

“Isih penak jamanku tho?”

Untuk Gusdurian

Untuk Gusdurian

Untuk karakter (bukan) Bang Rhoma dan (bukan) para mantan presiden, foto di blister card pada bagian mata memang disensor hitam dan tidak eksplisit mencantumkan nama masing-masing untuk menghindari tuntutan secara hukum.

Perkecualian untuk figure (bukan) Suzanna. Di media sosial, pada awalnya keponakannya keberatan dengan pembuatan figure ini. Pada akhirnya memberi restu termasuk pemakaian foto, walaupun tetap tidak mencantumkan nama.

Kalau yang seri pembunuh, Cipta beralasan ia tidak merasa sungkan dengan orang yang sudah menghilangkan nyawa. Oleh karena itu nama dan foto ditampilkan secara terang-terangan.

Wah, kira-kira karakter siapa saja yang akan muncul di Series 2?

Robot GedekRyan

with accessory human limbs!

with accessory human limbs!

genderuwoSuzannaLeak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s