“Currents” Tame Impala

Currents_Tame Impala

Ketika seorang musisi atau sebuah band mengubah jenis musik yang biasa dimainkan menjadi suatu yang baru di album terbarunya, tentu saja ini mengandung resiko. Sukses atau malah jeblok? Iya, kedua parameter ini pun bisa dibagi 2. Secara penjualan atau secara kualitas musik.

Untuk album studio ketiga Tame Impala yang bertajuk Currents, saya merasa wajib untuk membahasnya dari kacamata kualitas. Album debut mereka, Innerspeaker, adalah album rock psikedelik yang brilian. Sedangkan album keduanya, Lonerism, yang walaupun dipuja-puji oleh pengamat musik, tapi kurang sreg buat saya.

Nah, ketika saya pertama kali menyimak Cause I’m A Man sebagai salah satu lagu perkenalan dari album Currents, saya terhenyak. Di permukaan terdengar dangkal namun hati saya menandak-nandak menyenandungkan bagian reffrain lagu ini. Ada perubahan jenis musik disco synthpop namun benang merahnya tetap sama, psikedelik.

Begitu saya memperoleh kesempatan untuk menjelajahi semua lagu di Currents, perasaan saya sungguh membuncah. Track pembuka, “Let It Happen” yang berdurasi hampir 8 menit merupakan pembuka yang sempurna bagi deretan lagu sesudahnya. Asyik buat bergoyang sekaligus tetap mengawang.

Yang menarik, ada beberapa bagian tracks yang di-mixing dengan output suara yang agak ‘meleyot’ mirip dengan suara pita kaset yang sedikit kusut. Trus, ada juga yang terdengar mono. Rasa analog kental tercecap.

Fakta yang menarik, Currents dapat dikatakan sebagai project tunggal sang pentolan Tame Impala, Kevin Parker. Dari menulis lagu, merekam, memproduksi, memainkan instrumen musik, sekaligus proses mixing. Latar belakang Kevin memilih warna album yang Currents yang pop disco adalah ia ingin suatu saat musik Tame Impala diputar tidak hanya di tempat terbatas, namun dapat merambah ke klub-klub disko serta tempat-tempat umum lainnya.

Album ini bisa bersaing dengan Innerspeaker sebagai album favorit saya yang pernah dirilis oleh Tame Impala.

Tiga tracks yang saya setel berulang kali: Let It Happen, Cause I’m A Man, dan Eventually.

Leave a Reply

